Stiker Custom Korea
Home Treatment Beragam Penyebab Ciri-ciri dan Cara Merawat Gigi Sensitif dengan Mudah dan Aman

Beragam Penyebab Ciri-ciri dan Cara Merawat Gigi Sensitif dengan Mudah dan Aman

0

merawat gigi

Apabila Anda pernah merasa ngilu saat menyantap es krim ataupun pada saat meminum minuman dingin kemungkinan Anda memiliki gigi yang sensitif. Gigi sensitif mengakibatkan rasa ngilu yang tidak nyaman bagi penderitanya. Rasa ngilu tersebut akan timbul apabila Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin atatupun terlalu panas, bahkan sering juga timbul saat Anda menyikat gigi.

Gigi sensitif merupakan kondisi dimana saraf gigi yang terdapat di dalam dentin terekspos keluar dari jaringan sehingga dapat bersentuhan langsung dengan makanan yang masuk. Apabila makanan tersebut memiliki suhu yang ekstrim saraf tersebut akan memberi rangsangan kejut sehingga terjadilah rasa ngilu pada gigi. Dalam istilah medis gigi sensitif disebut dengan dentin hypersensitiviy.

Penyebab Utama Gigi Sensitif

sakit gigi

Selain karena ada bagian saraf yang keluar dari lapisan gigi masih ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan gigi sensitif. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi sensitif.

Pembusukan Gigi

Pembusukan gigi biasanya disebabkan karena adanya sisa makanan yang masih tertinggal dan menempel di sela-sela gigi. Sisa makanan tersebut lama kelamaan akan mengalami pembusukan dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Bakteri akan menggerogoti gigi dan akan mengelupas lapisan yang berada di bawah gigi. Saat lapisan tersebut terkelupas gigi akan menjadi lebih sensitif. Kondisi seperti ini banyak di alami oleh anak-anak.

Terlalu Kuat Menyikat Gigi

Tujuan dari menyokat gigi adalah untuk merawat dan menjaga gigi agar tetap bersih. Namun perlu diperhatikan juga cara Anda saat menyikat gigi. Menyikat gigi dengan terlalu kuat justru malah akan membuat gigi menjadi rusak. Lapisan enamel yang terdapat pada gigi dapat terkikis dan semakin lama menjadi menipis. Jika lapisan ini seudah tipis maka gigi akan mnjadi lebih sensitif. Sikatlah gigi Anda dengan sewajarnya, tidak perlu terlalu keras yang penting dapat menjangkau seluruh bagian gigi.

Penyusutan Gusi

Dalam istilah medis kondisi ini dikenal dengan Resesi Gingiva yaitu suatu kondisi dimana lapisn gusi yang menyelubungi tabung kecil di sekitar akar gigi tertarik dan menyusut. Saat lapisan tersebut menyusut maka tabung akan terbuka. Tabung yang terbuka itu akan membuat gigi menjadi lebih sensitif.

Penggunaan Mouthwash Berlebihan

Mouthwash yang banyak beredr di pasaran mengandung zat asam di dalamnya. Asam bukanlah sesuatu yang bagus untuk kesehatan gigi. Asam akan mengikis lapisan yang terdapat pada gigi. Jika penggunaan ini berlengsung dalam jangka waktu yang lama dan dalam dosis yang berlebihan akan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Mouthwash memang bermanfaat untuk merawat gigi dan menjaga kesegaran mulut, jadi pakailah dengan dosis sewajarnya.

Gigi Retak atau Patah

Sering mengkonsumsi makanan yang keras seperti es ataupun permen dapat membahayakan gigi. Gigi juga dapat patah ataupun retak. Jika gigi sudah mengalami keretakan atau pecah, lapisan dentin akan menjadi rentan terhadap rangsangan dari luar. Hal tersebut menjadikan gigi lebih sensitif dari sebelum terjadinya keretakan.

Beberapa hal di atas adalah segelintir penyebab gigi sensitif. Masih ada beberapa hal lain yang memungkinkan gigi menjadi sensitif seperti pasta gigi yang salah, menggertakkan gigi, dan juga terlalu sering mengkonsumsi makanan yang bersifat asam. Untuk mengetahui apakah Anda mengalami gigi sensitif ada beberapa ciri yang menjadi tanda gigi sensitif.

Umumnya gigi sensitif akan menyebabkan rasa ngilu pada gigi. Rasa ngilu tersebut dapat dialami ketika mengkonsumsi makanan dengan suhu dingin ataupun panas. Makanan bersuhu seperti itu akan merangsang saraf gigi yang keluar sehingga mengakibatkan rasa ngilu. Selain itu rasa ngilu juga dapat timbul ketika Anda menyikat gigi ataupun ketika bernafas melalui mulut. Segala sesuatu yang berpotensi memberikan rangsangan ataupun bersentuhan langsung dengan gigi sensitif akan menimbulkan rasa ngilu.

Cara Merawat dan Menyembuhkan Gigi Sensitif

gigi putih

Gigi sensitif ini akan sangat mengganggu jika tidak ditangani. Anda tentu akan merasa terbatasi dalam mengkonsumsi makanan karena khawatir akan efek yang ditimbulkan akibat gigi Anda yang sensitif. Untuk megatasi ggi sensitif ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa carayang mudah dan aman untuk mengatasi gigi yang sensitif.

Gunakan Sikat Gigi Halus

Penggunaan sikat gigi yang halus aka meminimalisir gesekan antara sikat gigi dengan saraf gigi sehingga akan mengurangi rasa ngilu saat menyikat gigi. Selain itu usahakan agara tidak menyikat gigi terlalu kuat. Hal ini bertujuan agar lapisan enamel gigi tidak terkikis.

Gunakan Pasta Gigi Khusus

Pasta gigi khusus untuk gigi sensitif kini sudah banyak tersedia di pasaran. Pasta gigi khusus gigi sensitif mengandung senyawa yang dapat mengurangi penyebaran rangsangan kejut ke saraf gigi. Gunakan secara rutin untuk dapat merasakan hasil yang maksimal. Setelah beberapa hari pemakaian biasanya Anda sudah bisa merasakan rasa ngilu yang semakin berkurang.

Fluoride

Jika Anda berkonsultasi ke dokter gigi biasanya dokter gigi akan melakukan tindakan yakni dengan mengoleskan fluoride ke gigi Anda. Fluoride berfungsi untuk melapisi gigi, memperkuat lapisan enamel gigi dan mengurangi penyebaran rasa ngilu dari gigi sensitif. Anda dapat meminta dibuatkan resep fluoride agar Anda dapat menggunakannya secara rutin untuk pemakaian sendiri di rumah.

Bedah Gusi

Seperti yang telah dipaparkan tadi gigi sensitif dapat disebabkan karena penyusutan gusi. Jika hal tersebut terjadi maka penanganan yang harus dilakukan adalah dengan bedah gusi. Apabila lapisan yang menyelubungi tabung pada akar gigi telah mengelupas maka harus dilakukan pencangkokkan dengan mengambil lapisan dari bagian gusi yang lain.

Penebalan dan Pengikatan Lapisan Akar Gigi

Lapisan akar gigi yang telah menipis akan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Untuk mengatasinya perlu dilakukan penebalan lapisan ataupun pengikatan lapisan pada akar gigi yang sensitif. Prosedur ini harus dijalankan oleh dokter gigi dan akan memerlukan bius lokal dalam eksekusinya.

Pembuatan Saluran Akar Gigi (Root Canal)

Proses ini dilakukan apabila gigi sensitif telah memasuki tahap yang sudah parah karena cara yang lain dianggap sudah tidak mampu mengatasinya. Dokter gigi akan menyarankan untuk dilakukan pembuatan saluran akar untuk merawat pulpa gigi. Cara ini memang terbukti efektif untuk menghilangkan rasa ngilu akibat gigi sensitif. Namun cara ini juga tergolong mahal untuk dilakukan.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab, ciri-ciri serta bagaimana cara mengatasi gigi sensitif. Intinya adalah merawat dan menjaga kebersihan gigi akan meghindarkan Anda memiliki gigi sensitif. Pastinya masih ada banyak artikel bermanfaat dan tentunya berguna untuk kalian semua di Femaleonklik.com!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here