Cara Tepat Serta Mudah Merawat Softlens dengan Baik dan Benar

0

wajah-berminyak

Softlens atau Kontak Lensa pada dasarnya adalah pengganti kaca mata yang sangat digemari khususnya oleh seluruh wanita. Pasalnya, selain bentuknya yang sangat tipis, penggunaannya pun sangat praktis.

Namum ironisnya, masih banyak wanita yang hingga detik ini, kurang memahami bahkan kerap melakukan kekeliruan dalam merawat kontak lensa mereka. Padahal, ada trik-trik khusus tersendiri dalam melakukan perawatannya.

Dan berikut adalah beberapa contoh perawatan diantaranya:

Cara Merawat Softlens Yang Jarang Dipakai

1. Cuci Softlens Setiap Akan Disimpan

Kami yakin bahwa masih banyak dari kalian yang melakukan langkah hanya ketika sebelum mengenakan kontak lensa. Setelah selesai menggunakan dan akan diletakkan kembali di tempatnya, kalian jarang sekali atau bahkan tidak pernah mencucinya lagi.

Langkah tersebut kurang tepat. Justru setelah selesai menggunakan pun (sebelum diletakkan kembali di tempatnya), softlens tetap harus dicuci lagi. Pasalnya, lagkah ini adalah demi membersihkan debu dan bakteri yang tertinggal di mata ketika sedang beraktivitas beberapa jam sebelumnya.

Nah, cara pencucian softlens yang baik dan benar adalah deengan menaruh softlens pada telapak tangan yang bersih. Setelah itu, teteskan cairan pembersih softlens sebanyak 3 tetes. Gosok softlens menggunakan ujung jari (INGAT JARI BUKAN KUKU).

Gosokan harus dilakukan memutar searah. Hal ini bertujuan agar sotflens tidak robek. Jika dirasa sudah bersih, bilas softlens dengan cairan pembersih, lalu simpan di tempatnya. Lalu rendamlah softlens dengan cairan pembersih selama kurang lebih 3 jam, dan buang air rendamannya.

2. Bersihkan Softlens Sesering Mungkin

Masih berkaitan dengan bersih-membersih. INGAT! Walau mungkin softlens jarang dipakai, tetap saja harus dibersihkan sesering mungkin. Bahkan walau tempat softlens terlihat sekinclong kulit putri salju, kalian harus tetap membersihkannya untuk menghindari bakateri-bakteri yang sewaktu-waktu tumbuh di tempatnya tersebut.

Selain itu juga perlu diingat bahwa air di softlens bisa menyusut dengan sangat cepat. Sehingga seklai lagi, kalian harus benar-benar rajin memerikas dan membersihkannya.

3. Bersihkan Juga Wadah Softlens

Wadah softlens faktanya juga harus rajin dibersihakan. Karena bakteri faktanya juga banyak bersarang di wadah.

Untuk mencuci wadahnya, pertama-tama pindahkan dulu softlens lalu setelah itu, simpan di tempat yang aman dan bersih. Selanjutnya, cuci wadah softlens dengan menggunakan air hangat dan sabun.

Gosok menggunakan jari atau sikat gigi (ingat Sijat Gigi-nya, mesti yang BARU ya!). Setelah itu, Bilas wadah softlens dan keringkan langsung dengan menggunakan kain bersih atau tisu. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, barulah letakkan lagi softlens di tempatnya.

4. Ganti Wadah Soft Lens 3 Bulan Sekali

Masih dalam rana wadah soft lens, bukan hanya dibersihkan secara berkala saja. Melainkan, setipa 3 bulan sekali, kita juga harus mengganti wadahnya. Hal ini dikarenakan wadah soft lens juga memiliki masa kadaluarsanya.

Loh kok bisa kadaluarsa ya?

Karena, material wadah softlens terbuat dari bahan dasar plastik. Ditambah lagi wadah ini selalu berisi air selama 24/7. Maka, pasti masa “hidup”-nya pun akan sangat pendek. Jadi berdasarkan fakta ini, sekali lagi sangat disarankan seperti layaknya sikat gigi, ada baiknya kalian mengganti wadah soft lens kalian setidaknya 3 bulan sekali.

5. Selalu Perhatikan Tanggal Kadaluarsa Soft Lens

Sama hal-nya seperti mi instan, soft lens nyatanya juga memiliki tanggal kadaluarsa. Rata-rata, soft lens memiliki waktu hidup yang cukup lama, jika Anda baru membelinya di toko, biasanya umur softlens bisa bertahan selama 1-2 tahun.

Tapi bukan berarti kalian bisa memakai soft lens itu terus-terusan selama periode yang dimaksud tersebut ya! Karena umumnya, waktu pemakaian soft lens yang ideal adalah berkisar 3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun, tergantung penjelasan yang tertera pada kotak soft lens atau yang diterangkan oleh penjual.

Namun ada juga soft lens yang lebih steril lagi yaitu, yang umurnya hanya mingguan dan harian saja. Waktu ini dihitung mulai dari waktu Anda membuka segel softlens tersebut. Jadi, selain melihat tanggal kadaluarsa di boks softlens, pastikan Anda mencatat tanggal membuka softlens-nya juga

Cara Merawat Softlens Agar Tidak Perih

Sebenarnya untuk sub-poin ini, tidaklah diperlukan jabaran multi cara. Cukup pastikan bahwa kalian selalu membersihkan si lensa kontak sesering mungkin. Karena seperti yang telah dijelaskan di poin di atas, apabila lensa kontak tidak dibersihkan, pastinya bakteri-bakteri akan menumpuk.

Nah, apabila kita mengenakan lensa kontak yang memiliki penumpukan bakteri, sudah barang pasti, seluruh debu dan kotoran-kotoran yang ada akan membuat kedua mata terasa sangat perih.

Namun di saat yang sama, kalian juga harus bisa aware dengan diri sendiri. Spesifiknya disini, kalian juga harus “nyadar” apakah pada dasarnya kedua mata kalian memiliki alergi terhadap soft lens atau tidak sama sekali.

Karena walau kalian sudah membersihkan 10 ribu kali soft lens kalian, kalau sekali lagi pada dasarnya kalian memiliki alergi terhadap benda tipis ini, ya tetap saja ketika memakainya, mata kalian akan terasa sangat perih.

Cara Menjaga Kebersihan Softlens

Selain obviously membersihkan soft lens dan wadahnya secara berkala, jangan lupa juga untuk melakukan ketiga langkah berikut untuk tetap menjaga kebersihan soft lens.

1. Selalu Mencuci Kedua Tangan

Tak dipungkiri ini merupakan standar baku kesehatan sebelum melakukan tindakan apapun. Namun perlu ditekankan disini bahwa ketika kita akan mencuci tangan sebelum menggunakan atau menyentuh contact lens, JANNGAN PAKAI SABUN!

Bukannya mengajarkan jorok atau bagaimana. Namun sabun apalagi yang mengandung kadar moisturizer yang sangat tinggi, memiliki efek yang tidak bagus terhadap soft lens. Selain itu dalam mengeringkan kedua tangan pun, harus menggunakan kain atau handuk yang tidak berserat.

Karena ditakutkan nantinya sisa serta yang menempel di tangan akan menempel juga di kontak lensa.

2. Kuku Harus Dalam Keadaan Bersih

Maksud dari poin ini, bukan hanya untuk menghindari kuman-kuman kuku yang akan mengotori lensa kontak. Namun juga untuk menghindari dari robeknya lensa oleh kuku-kuku yang panjang dan tajam

3. Tidak Boleh Terlalu Berdekatan Dengan Produk Kosmetik

Ayo mengaku saja saja. Pastinya banyak dari kalian yang baru berdandan setelah menggunakan soft lens bukan? Padahal urutan tersebut sangatlah terbalik.

Yap. Yang benar justru adalah berdandan dulu hingga selesai baru setelah itu pergunakan kontak lensa. Urutan ini dilakukan agar soft lens terhindar dari sisa taburan atau tebaran bedak, maskara, dll sehingga ketika nantinya kita mengenakan soft lens, matapun menjadi tidak perih.

Cara Merawat Softlens Dengan Air Hangat

Mungkin banyak dari kalian yang kerap membersihkan Soft Lens dengan air hangat. Dan mungkin juga kalian sering bingung bagaimana cara yang benar ketika ingin membersihkannya dengan air hangat.

Well, tanpa panjang lebar, langsung saja kami katakan dengan sangat tegas bahwa sebenarnya dalam membersihkan soft lens sangat tidak diperkenankan apabila kita menggunakan air bagaimanapun status air itu (baca: biasa, dingin, hangat, bahkan panas).

Hal ini dikarenakan belum tentu air redaman bersih 100% dari kuman atau bakteri. Dan apabila kita tetap nekat, maka ujung-ujungnya tidak hanya akan merusak kualitas soft lens, namun tentunya juga akan merusak kualitas mata kita.

Solusi terbaiknya, adalah mencucinya dengan cairan khusus atau yang memang diperuntukkan untuk membersihkan lensa kontak. Lalu bagaimana kalau misalkan dalam keadaan benar-benar darurat? Maka mau tidak mau soft lens harus segera dibuang. Setelah dibuang langsung kalian kenakan kacamata.

Tidak bawa kacamata? Well, kami tidak tahu harus berkata apalagi.

Cara Membersihkan Tempat Softlens Yang Baru

Sebenarnya mau tempat baru atau tempat lama, cara membersihkan tempat soft lens tidaklah memiliki perbedaan yang signifikan.  Dan berikut adalah cara pembersihan tempat yang dimaksud.

Setiap sehari sekali rendamlah kotak softlens di dalam air panas untuk mensterilkannya (INGAT ini kotak / tempat yang direndam di air panas. Soft lens tetap dibersihkan dengan cairan pembersih khusus). Setelah itu tentunya jangan lupa untuk dikeringkan secara total tempatnya (jangan ada sisa masih basah-basah di tempatnya).

 

Nah. Itulah tadi tips dna trik dalam melakukan perawatan soft lens yang baik dan benar. Semoga bisa bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here