Beragam Gejala dan Cara Mengobati Mata Iritasi Secara Alami dan Cepat Sembuh

0

gigi palsu

Cara Mengobati Mata Iritasi

Kesehatan mata adalah hal yang sangat penting karena mata yang sehat akan membuat kita dapat melihat dengan baik. Mata yang bermasalah akan membuat aktivitas kita merasa terganggu. Ada banyak sekali jenis gangguan mata dan pada umumnya mata mengalami masalah karena bakteri, mata terlalu lelah, dan juga bisa disebabkan oleh debu.

Iritasi mata adalah terjadinya gangguan pada mata yang ditandai dengan rasa gatal, kekeringan pada mata, pandangan kabur, dan perih. Kondisi mata ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal seperti pemakaian lensa kontak, kotoran yang masuk ke dalam mata, karena alergi, bahan alergen dan iritan, serta infeksi konjungtivitis atau pink eye adalah salah satu bentuk paling umum dari penyakit mata ini. Gangguan mata ini bila disebabkan oleh virus atau bakteri dapat dengan mudah menulari orang lain.  Apabila kita mengalami masalah dengan mata sehingga kita merasa tidak nyaman karena terasa gatal dan merah maka kita bisa melakukan pengobatan dengan menggunakan bahan herbal.

Gejala iritasi yang dialami pengidap kurang lebih sama, yaitu mata merah, berair, dan gatal. Tetapi detailnya bisa jadi berbeda berdasarkan jenis dan penyebab. Konjungtivitis dapat disebabkan oleh beberapa hal berbeda, seperti alergi, bakteri, ataupun virus.

  • Konjungtivitis yang disebabkan oleh virus umumnya akan pulih dalam 1-3 minggu. Hal terpenting adalah mencegah terjadinya komplikasi.
  • Konjungtivitis yang disebabkan oleh bakteri umumnya disertai dengan keluarnya cairan berwarna hijau atau kuning dari sudut mata. Dokter dapat memberikan antibiotik untuk meredakannya.
  • Konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi umumnya akan berdampak pada kedua mata dan menyebabkan gejala-gejala umum alergi, seperti hidung berair. Selain alergi parah yang membutuhkan penanganan medis, kondisi ini sebenarnya dapat diatasi secara mandiri.

Gejala Iritasi Mata

Gejala iritasi mata sepenuhnya tergantung pada penyebabnya. Sebagian besar penyebab yang berhubungan dengan penyakit mata ini akan menyebabkan mata terasa terbakar, gatal, iritasi pada kelopak mata, mata merah, mata berair, radang mata, kulit terkelupas atau bahkan ketombe pada kelopak mata, kepekaan terhadap cahaya, benjolan di kelopak mata, penglihatan kabur, infeksi nanah, dan mata merah.

Mengobati mata iritasi dengan bahan alami

Selain menggunakan obat tetes mata, untuk mengatasi gangguan iritasi mata ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang tentunya lebih aman. Berikut ini cara mengatasi gangguan kesehatan mata merah, iritasi, atau mata terasa gatal yang bisa diterapkan. Namun, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter mata kalau yang kita alami yaitu konjungtivitis. Pasalnya, mata kita mungkin jadi lebih sensitif terhadap bahan-bahan tertentu.

Kompres dengan air dingin

air putih

Membersihkan mata dengan air dingin dan mengompresnya menggunakan air dingin dapat mengobati sensasi terbakar pada mata untuk beberapa saat. Hal ini akan sangat membantu dalam menurunkan bagian mata yang bengkak dan mengurangi rasa gatal pada mata.

Irisan mentimun

Irisan mentimun yang ditempelkan pada mata bisa membantu mengatasi iritasi pada mata karena kandungan mentimun yang sangat baik untuk mata.

Ampas teh hijau

Ampas teh hijau bisa digunakan sebagai kompres mata untuk meredakan iritasi. Kita juga bisa merendam kapas dalam teh hijau hangat dan mengompresnya pada mata yang sakit. Hal ini karena teh hijau kaya akan kandungan bioflavonoid yang ampuh melawan infeksi virus, bakteri, dan jamur. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau juga mampu melawan radikal bebas atau polusi yang bisa sebabkan alergi.

Irisan kentang

Untuk menghilangkan lingkaran gelap di bagian bawah kelopak mata bisa menggunakan irisan kentang. Selain itu juga bisa untuk meredakan sensasi mata terbakar. Caranya, tempatkan irisan kentang di mata dan tunggu beberapa saat.

Minyak kelapa

sari cuka apel

Minyak kelapa mengandung asam laurat dan asam kaprilat yang bisa melawan infeksi bakteri dan jamur penyebab iritasi. Selain itu, minyak kelapa juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga antibodi kita akan bekerja lebih keras untuk mengurangi iritasi. Caranya mudah yaitu, basahi kapas dengan minyak kelapa secukupnya dan tempelkan pada kelopak mata yang sakit. Diamkan selama beberapa menit. Kita jugabisa mengompres mata dengan minyak kelapa selama tiga hingga empat kali sehari.

Lidah buaya

lidah buaya

Sebuah penelitian dalam jurnal Pharmaceutical Biology bahkan menyebutkan bahwa bahwa ekstrak lidah buaya baik untuk meredakan infeksi di bagian mata. Oleskan getah lidah buaya di sekeliling mata dan pada kelopak mata yang mengalami iritasi dan biarkan meresap. Kandungan aloin dan amodin dalam lidah buaya bisa membantu meringankan mata bengkak dan gatal. Sensasi dingin dari getahnya juga akan membuat mata yang perih jadi lebih nyaman.

Madu dan susu hangat

susu

Terkadang mata terbakar bisa disebabkan karena adanya infeksi seperti konjungtivitis (peradangan selaput mata). Karena itu untuk mengobatinya bisa mencampurkan madu dengan beberapa susu hangat. Gunakan sebagai media cuci mata.

Kunyit

Kunyit bisa mengurangi pembengkakan dan iritasi mata karena kandungan kurkumin yang tinggi. Namun, bicarakan dulu dengan dokter mata Anda sebelum mengoleskan sari kunyit pada area di sekitar mata yang sakit. Beberapa orang sensitif atau alergi terhadap kunyit. Cara untuk menggunakan kunyit untuk mata adalah dengan mengupas kunyit lalu dicuci. Setelah itu potong kecil kecil dan kemudian di rendam dengan air selama sepuluh menit. Air rendaman tadi bisa digunakan untuk obat tetes mata yang alami. Sebagai salah satu dari obat herbal untuk sakit mata, kunyit adalah obat yang sangat baik untuk kita coba.

Cengkeh

Bahan rempah yang berupa cengkeh memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata. Orang pada zaman dahulu banyak yang menggunakan cengkeh ketika mata mengalami masalah seperti iritasi ringan dan mata berkabut. Cara untuk melakukannya terbilang extrem, kita bisa menggunakan cengkeh yang sudah kering lalu di bungkus dengan kain.

Selanjutnya kita bisa menghaluskan cengkeh hingga menjadi bubuk. Air cengkeh tersebut bisa diteteskan ke mata yang mengalami masalah. Pastikan air cengkeh bersih dari ampasnya agar tidak melukai mata. Saat mengaplikasikan obat ini, mata akan terasa benar benar pedas dan perih. Namun setelahnya, mata menjadi lebih segar dan penglihatan menjadi lebih bening.

Jika iritasi mata akibat konjungtivitis, virus dan bakteri dapat menular dengan cepat. Pengidap yang sudah sembuh juga dapat terinfeksi kembali jika virus atau bakteri menyebar ke anggota keluarga. Hindari menyentuh mata secara langsung dengan tangan. Jika tangan terlanjut menyentuh mata, segera cuci tangan dengan sabun. Jangan lupa untuk mencuci tangan juga setelah meneteskan atau mengoleskan obat mata. Ganti handuk dan sarung bantal tiap hari selama gejala belum mereda, terutama jika handuk atau sarung menyentuh mata.

Segera periksakan diri ke dokter jika mata terasa sakit yang tidak tertahankan, gangguan penglihatan, jika mata berubah warna menjadi lebih merah. Segera periksakan juga jika setelah 24 jam pengobatan, keadaan tidak membaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here