Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan Normal dan Caesar Secara Alami dan Mudah

0

wanita hamil sehat

Merawat Tubuh Setelah Melahirkan dengan Mudah dan Alami

Tak dipungkiri bagi seorang perempuan, merawat tubuh agar tetap terlihat keren dan sehat setelah melahirkan merupakan sebuah keharusan. Bukan hanya agar tetap terlihat cantik dan menarik, namun juga bisa terasa lebih sehat lagi seperti semula.

Ads

Nah, apabila kalian adalah salah satu yang baru melahirkan dan bingung bagaimana untuk merawat tubuhnya agar bisa kembali menjadi seperti semula lagi, yuk langsung saja saksikan tips-tips nya berikut ini.

Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan Agar Tidak Gemuk

wanita hamil gemuk

1. Rajin Menyusui Bayi

Faktanya ketika bayi menyusui payudara kita, secara tak langsung sebanyak 500 kalori langsung terbakar setiap harinya. Hal ini dikarenakan ketika menyusui, timbunan lemak yang disimpan dan dipergunakan untuk memproduksi asi akan langsung terbuang dengan sendirinya.

2. Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih mampu membantu untuk mengurangi berat badan. Dan faktanya, metode inipun jugalah bisa diterapkan oleh siapapun (baca: tidak hanya terbatas pada wanita yang baru melahirkan saja)

3. Mengkonsumsi Makanan Dengan Gizi Seimbang

Makanan bergizi seimbang sangat penting bagi mereka-mereka yang baru melahirkan. Oleh karenanya, perlu banget bagi kalian untuk mempertimbangkan mengkonsumsi makananyang bebas lemak dan gula.

4. Makan Pada Saat Lapar Saja

Menyusui tak dipungkiri bisa membuat kita sering merasa lapar. Tapi bukan berarti kita harus langsung nakan terus.. Susunlah rencana makan dengan baik dan benar. Apabila tiba-tiba merasa lapar di luar jam makan, sebaiknya makan saja buah-buahan atau salad sayuran.

5. Olahraga Teratur

Malas ke gym karena tidak tega meninggalkan buah hati? Silahkan berolahraga saja dengan berjalan-jalankecil atau menggendong atau lagi mendorong stroller si kecil.

Cara merawat tubuh setelah melahirkan normal

wanita hamil

1. Memakai Gurita atau Stagen

Menggunakan Gurita, stagen atau korset, sangat bermanfaat untuk mengencangkan bagian perut dan mengembalikannya ke bentuk semula. Hal ini karena setelah melahirkan, umumnya perut jadi kendor dan melebar.

Walau untuk posisi tertentu menggunakan gurita atau stagen kurang nyaman, namun cara ini memberikan hasil yang maksimal untuk mengembalikan perut secara alami dan tentunya tanpa perlu repot-repot mengeluarkan banyak uang.

2. Minum Jamu

Banyak jamu yang dapat dikonsumsi pasca melahirkan seperti salah satunya: Kunir Asem yang mana, mampu memiliki khasiat dapat melangsingkan menyehatkan tubuh.

3. Perbanyakan Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsilah buah dan sayur yang mengandung vitamin C, E serta kolagen. Karena ketiga kandungan tersebut dapat mengencangkan kulit tubuh pasca melahirkan. Kandungan tersebut juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

Sayur brokoli, buah apel dan kiwi misalnya, ketiganya mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit. Bahkan ketiganya juga bisa mengatasi selulit atau stretch mark

4. Gunakan Lulur Badan Untuk Menghilangkan Stretch Mark

Lulur nyatanya sangat bermanfaat bagi wanita yang baru melahirkan secara alami. Wanita Jawa kerap menggunakan tradisi ini yang mana, tradisi ini juga kerap disebut dengan sebutan tradisi Parem.

Tradisi parem ini telah terbukti mampu mengencangkan kulit serta membantu menghilangkan stretch mark yang membekas di kulit.

5. Berendam

Selain memberi efek relaksasi, berendam dengan campuran minyak zaitun, atau minyak rosemary, berguna untuk mengembalikan elastisitas kulit terutama pada area perut yang mengalami stretch mark. Sesekali, lakukan juga pemijatan pada area perut dan paha serta tumit ketika berendam.

Cara merawat tubuh setelah melahirkan caesar

wanita hamil caesar

1. Jangan Sering Naik Turun Tangga

Jangan terlalu sering naik turun tangga atau dari tempat tidur. Cara ini dilakukan agar jahitan tidak rusak atau tidak terbuka.

2. Jangan Angkat Beban

Sudah merupakan naluri alami seorang ibu apabila ingin menggendong bayinya yang baru dilahirkan. Namun sebaiknya jangan terlalu sering melakukannya dulu apabila baru melahirkan dengan proses caesar agar bisa terhindar dari potensi luka / pendarahan dalam yang diakibatkan oleh tekanan dari beban yang dipikul

3. Jangan Stres

Ketika mengalami stres, umumnya sang ibu baru akan langsung terkena sindrom i. Kondisi ini banyak menyerang mental ibu karena ibu merasa tidak bisa merawat bayi dengan baik. Tekanan mental yang berlebihan seperti ini, bisa menyebabkan pemulihan menjadi sangat lambat dan kesehatan, menurun dengan cepat.

4. Gunakan Korset Khusus

Jika masih sangat takut untuk beraktifitas, maka jangan lupa untuk menggunakan korset khusus. Ada beberapa jenis korset khusus untuk ibu yang baru melahirkan secara caesar. Hal ini dilakukan agar bekas jahitan tidak terasa terlalu sakit dan tidak beresiko komplikasi.

5. Lakukan Latihan Pernapasan Perut

Untuk mengatasi rasa sakit pada perut dan membuat otot perut terlatih kembali, maka lakukanlah latihan pernafasan perut.

Tehnik ini snagat diyakini bisa membantu agar perut cepat kembali normal. Caranya, adalah dengan berbaring di atas tempat tidur, kemudian letakkan tangan di perut dan santai. Tarik nafas pelan melalui hidung dan hembuskan dari mulut. Lakukan berulang kali setiap Anda merasa tidak nyaman pada bagian perut.

Nah, itulah tadi tips dna trik untuk merawat tubuh pasca melahirkan baik secara normal atau caesar. Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here