10 Cara Merawat Telinga dengan Baik dan Benar Serta Alami

perawatan telinga cover

Cara Merawat Telinga

Telinga merupakan panca indera yang harus kita jaga kebersihannya. Kesehatan telinga ialah hal penting karena dengan adanya masalah kesehatan telinga juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan lainnya. Selain itu, telinga yang bersih membuat kita percaya diri, dan sebaliknya telinga yang tidak bersih atau kotor akan membuat orang lain tidak nyaman berada di dekat kita.

Baca Juga :

Banyak orang tidak menyadari bagaimana cara membersihkan atau merawat telinga yang tepat. Dalam membersihkan telinga pun tidak sembarangan layaknya kita membersihkan tubuh kita dengan sabun. Ada cara khusus dalam membersihkannya, karena telinga termasuk organ yang sensitif. Maka, pada kesempatan kali ini tim femaleonklik.com akan membahas 10 Cara Merawat Telinga dengan Baik dan Benar Serta Alami.

Cara Merawat Gendang Telinga dan Bagian-Bagian Telinga Lainnya

1. Perawatan rutin

perawatan telinga

Menjaga kesehatan telinga tidak hanyalah disaat kita merasakan kotoran telinga kita telah menumpuk, namun menjaga kesehatan telinga harus lah dilaksanakan secara rutin. Memperhatikan kesehatan telinga harus dilakukan setiap saat, perawatan rutin yang mungkin bisa kita lakukan ialah:

  • Membersihkan telinga sesaat setelah mandi, hal tersebut dapat membersihkan sisa-sisa sabun atau kotoran yang masih menempel pada telinga
  • Mengeluarkan kotoran telinga, denagn menggunakan cairan yang aman contohnya H2O2. Selain itu penggunaan H2O2 juga dapat memberikan sensasi segar pada telinga anda sehingga saat anda merasakan gatal anda tidak boleh menggaruknya, anda dapat menggunakan H2O2.
  • Menggunakan antingan yang aman bagi kulit. Tips berikutnya mungkin lebih tepat ditekankan bagi semua kaum hawa. Menggunakan anting-anting merupakan salah satu cara wanita untuk mempercantik diri, namun anda perlu memperhatikan anting-anting anda tersebut. Salah satunya ialah untuk selalu mengecek kondisi antingan tersebut apakah terdapat karatan atau tidak. Untuk menjaga kesehatan telinga anda usahakan disaat anda mandi untuk melepas nya, kemudian bersihkan anting-anting secara berkala menggunakan alkohol untuk membunuh kuman-kuman yang mungkin menempel.

Banyak cara perawatan yang mungkin bisa kita terapkan, namun pada intinya ialah kita harus rutin untuk menjaga kebersihan serta kesehatan telinga.

2. Jangan menggaruk telinga

menggaruk telinga

Jika anda merasakan rasa tidak nyaman dan gatal pada telinga dalam maupun luar sebaiknya jangan menggaruk telinga tersebut. Anda disarankan untuk langsung mengunjungi dokter THT untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

3. Menutup telinga saat dalam perjalanan pesawat

tutup telinga

Cara berikutnya untuk menjaga kesehatan gendang telinga serta bagian lainnya ialah dengan menutup telinga saat dalam perjalanan udara atau menaiki pesawat. Untuk mengurangi rasa sakit itu, Anda bisa menutup hidung dan meniup telinga dengan lembut. Atau menguap pun terkadang menjadi solusi. Terutama bagi anak-anak, disarankan untuk menutup telinga anak saat penerbangan. Di lain kondisi saat menaikin gunung, mungkin anda akan merasakan telinga berdengung yang disebabkan oleh tekanan udara. Pada saat itu anda juga disarankan untuk menutup telinga guna menjaga kesehatan gendang telinga.

4. Jangan berganti earphone dengan orang lain

earphone

Siapa yang tidak gemar mendengarkan musik, apalagi menggunakan earphone. Bagi anda yang mempunyai hobi mendengarkan musik menggunakan headset sebaiknya kurangi atau hentikan pemakaiannya, karena pemakaian headset yang lama setiap harinya akan mempengaruhi kesehatan telinga anda. Selain itu, anda tidak disarankan untuk bergantian earphone dengan orang lain. Karena melalui earphone kuman serta bakteri akan dengan mudah berpindah dari satu ke satu orang lainnya.

5. Hindari lokasi dengan suara keras

berisik

Hindari tempat yang bising yang membuat telinga anda tidak nyaman serta berdengung, karena jika suara keras mengenai anda terlalu sering atau anda berada di tempat yang seperti itu, cepat atau lambat kesehatan telinga akan berkurang. Maka dari itu anda disarankan untuk menghindari tempat-tempat dengan suara keras agar tidak merusak bagian organ gendang telinga.

6. Menghindari penggunaan cotton bud

cotton bud

Penggunaan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga tampaknya sudah menjadi hal yang lumrah bagi setiap orang. Namun penggunaan cotton bud tersebut tidaklah baik bagi kesehatan telinga. Karena hal ini bukannya membersihkan kotoran, melainkan semakin mengotorkan telinga. Kotoran akan semakin masuk kedalam telinga akibat terdorongnya dari penggunaan cotton bud. Telinga memiliki mekanisme sendiri yang secara otomatis akan mengeluarkan kotorannya. Jika anda ingin membersihkan telinga sebaiknya anda mengunjungi dokter THT untuk membersihkannya.

Cara Merawat Telinga Agar Tidak Tuli

7. Membersihkan lingkungan sekitar

lingkungan bersih

Cara berikutnya yang harus menjadi perhatian kita semua ialah lingkungan sekitar. Banyak yang berfikiran apa hubungan nya lingkungan sekitar dengan kesehatan telinga. Lingkungan sekitar sangat mempengaruhi kesehatan telinga kita. Salah satunya ialah kebersihan dari kasus hingga sofa yang terdapat di rumah kita.

Untuk menjaga telinga anda dari kotoran yang masuk dari luar sebaiknya anda bersihkan terlebih dahulu tempat tidur dan bantal, hal tersebut di lakukan untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel yang bisa masuk kedalam telinga. Kotoran yang masuk ke dalam telinga dan menumpuk juga dapat memicu tuli pada telinga seseorang

8. Mengunyah makanan dengan baik

mengunyah makanan

Mengunyah makanan ternyata sangat berhubungan erat dengan kesehatan telinga karena sebenarnya dengan mengunyah bisa mengeluarkan kotoran telinga, semisal mengunyah permen karet. Organ tubuh manusia saling berhubungan satu sama lain, sama hal nya dengan mengunyah makanan dengan kesehatan telinga kita. Maka dari itu, untuk menghindari dari tuli sebaiknya dimulai dari memperhatikan kesehatan serta kebersihan telinga, sehingga tidak berdampak buruk.

9. Terapi lilin

terapi lilin

Terapi lilin atau sering disebut sebagai ear candle juga dapat menjadi salah satu pilihan anda untuk merawat telinga agar tetap sehat. Ear candle merupakan suatu cara untuk membersihkan serumen yang paling banyak dilakukan meskipun efisiensinya pun tidak luput dari perdebatan. Terapi lilin sering digunakan oleh praktisi kesehatan tradisional serta mengyakini bahwa terapi lilin tersebut aman dan efektif bagi telinga serta kesehatan tubuh secara umum. Terapi lilin sebaiknya dilakukan oleh lain guna meminimalisir kesalahan pada saat penggunaan terapi lilin

10. Konsultasi dengan dokter THT

dokter tht

Cara berikutnya ialah memperhatikan kesehatan telinga, jika telinga sudah terlanjur infeksi atau menyebabkan tuli pada seseorang sebaiknya jangan di tangani sendiri, pergilah ke dokter THT untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Tentunya dokter dapat mendiagnosa dengan cepat dan tepat ketika terdapat penyakit dalam telinga kita. Sebaiknya perawatan ini dilakukan secara berkala untuk mengantisipasi adanya infeksi pada telinga.

Baca Juga:

Setelah kita mengetahui cara-cara yang dapat dilakukan untuk merawat telinga dengan baik dan benar kita dapat terhindar dari segala macam penyakit telinga dan tuli yang dapat menyerang siapa saja. Tentunya jika artikel ini bermanfaat kalian dapat membagikannya kepada orang terdekat kalian. Nantikan artikel bermanfaat lainnya di femaleonklik.com.  

Leave a Comment