Cara Merawat Tas Kulit dengan Berbagai Masalah dengan Mudah dan Tepat

0

tas kulit

Cara Merawat Tas Kulit dengan Mudah

Mungkin kita sering melihat di mall atau pusat perbelanjaan lainnya, harga tas kulit selalu memiliki nilai harga yang bisa mencukupi untuk beli suplai beras 2 bulan. Dan tak heran. Karena faktanya, tas kulit memang tidaklah mudah perawatannya.

Dan berikut, adalah beberapa tips & trik dalam merawat tas kulit yang dimiliki termasuk, ketika tas terkena noda yang membandel.

Ads

Membersihkan Tas Kulit Dengan Menggunakan Kayu Putih

Selain digunakan untuk menyegarkan tubuh, minyak kayu putih nayatanya juga bisa digunakan untuk membersihkan sekaligus mengkilapkan tas kulit yang dimiiliki.

Caranya:

Tuangkan minyak kayu putih pada kapas yang akan digunakan untuk melap tas. Lalu, lap bagian luar tas yang berbahan kulit murni / sintetis. Ingat! Fokus saja untuk me-lap yang hanya ada nodanya saja.

Setelah itu, diamkan sebentar beberapa menit dan lap tas dengan Kanebo (lap tebal yang biasa untuk lap mobil) yang kering.

Cara Membersihkan Tas Kulit Dari Jamur

1. Dengan Sikat Lembut

Pertama bawa tas ke luar ruangan terlebih dahulu sehingga tidak ada jamur yang berjatuhan di ruangan. Lalu, sikat bagian tas yang terkena jamur secara perlahan dan berulang kali dari atas ke bawah hingga benar-benar bersih.

2. Dengan Sabun Kuhusus Untuk Kulit

Usapkan sabun khusus kulit pada bagian tas yang ditumbuhi jamur dengan menggunakan lap kain bersih yang lembap sampai berbusa. Setelah jamur hilang, bersihkan busa dengan lap kain kedua. Pada akhirnya, jemur tas sampai benar-benar kering.

3. Dengan Cuka Putih

Dengan komposisi perbandingan antara cuka dan air hangat 8 : 1, masukkan lap bersih pada larutan hingga basah.

Lalu, dengan menggunakan sarung tangan lateks, usap lap larutan tersebut pada bagian tas yang terkena jamur sampai jamur benar-benar menghilang. Pada akhirnya, cuci tas hingga bersih dan jemur di bawah sinar matahari.

4. Dengan Soda Kue

Pertama, jemur tas terlebih dahulu selama 24 jam. Kemudian taburkan soda kue untuk menutupi permukaan tas yang terkena jamur. Lalu, simpan di tempat yang kering dan gelap semalam.

Ambil spons yang sudah dibasahi dengan air untuk menggosok jamur yang sudah ditaburi soda kue tersebut hingga jamur menghilang. Setelah itu, buang soda kue dan cuci tas sampai bersih. Jemur dan angin-anginkan tas hingga benar-benar mengering.

Cara Merawat Kulit Sintetitis

1. Jangan Meletakkan Tas di Sembarang Tempat

Banyak wanita yang masih meletakkan tas di sembarang tempat. Padahal, lokasi penempatan belumlah tentu 100% bersih. Sehingga, tidak jarang noda makanan kerap menempel pada tas tersebut.

Pada awalnya, mungkin noda makanan ini tidak masalah. Namun apabila sering mengalami ini, tas lama-lama bisa menjadi kusam. Tas kusam akan mulai didatangi oleh jamur. Dan jamur-jamur inilah yang akhirnya menyebabkan kerusakan pada tas.

Oleh karena itu, pastikan kamu membersihkan tas apabila setelah diletakkan di tempat yang berpotensi terkena debu atau air basah. Cara membersihkannya pun cukup sederhana. Cukup lap dengan tisu basah yang lalu dilanjutkan dengan me-lap dengan tisu kering.

2. Hindari Dari Sinar Matahari Langsung

Ketika menjemur tas kulit sintetis, pastikan tidak terkena matahari langsung yang terlalu panas.

Alasannya, bahan tas kulit sintetis adalah seperti karet. Sedikit saja terkena matahari langsung akan menyebabkan bagian kulitnya mengembang yang alhasil, akan menyebabkan kulit sintetis rusak.

3. Jangan Ditumpuk Penempatannya

Kesalahan terbesar yang biasa dilakukan pengguna tas adalah menumpuk tas kulit sintetis. Tas kulit sintetis yang ditumpuk dalam jangka waktu lama, akan menyebabkan tas tersebut menyatu dengan sejenisnya khususnya untuk jenis kulit sintetis tertentu.

Ketika menyatu maka ketika kita mencoba untuk melepaskan “tempelannya”, menyebabkan tas menjadi rusak. Solusinya, letakkan saja tas di dalam lemari pada posisi yang tidak saling bersinggungan.

4. Memberishkan Tas Dengan Silca Gel

Salah satu kesalahan lain dalam perawatan tas baik yang sintetis dan non sitentis adalah menyimpannya tanpa memasukkan silica gel ke dalam tasnya. Padahal, silica gel sangat berguna untuk meminimalisir datangnya jamur. Silca gel, bisa menyerap kelembapan yang ada di tas kulit.

Namun masa pakai silica gel ada batasnya, pastikan kamu tau persis apakah silica gel kamu sudah hilang daya guna atau belum. Jika kamu menggunakan silica gel yang biru, tanda bahwa silica gel tersebut sudah habis daya gunanya adalah berubah menjadi warna merah muda. Untuk mengembalikannya menjadi biru, kamu bisa sangrai silica gel tersebut.

5. Sering Gant-Ganti Tas

Dengan tidak membiarkan tas kamu terlalu lama di lemari atau keseringan dipakai, maka hal ini akan meminimalisir resiko jamur yang kerap menghantui.

Cara Merawat Tas Kulit Yang Kotor

1. Campur air bersih atau air mineral dengan sabun berbahan lembut, seperti sabun muka atau deterjen yang soft dengan perbandingan 8 : 1. Tuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot, jika kamu tidak punya, kamu bisa menggunakan botol parfurm bekas yang dicuci terlebih dahulu.

2. Sangat dianjurkan untuk menggunakan kain microfiber. Hindari penyemprotan langsung pada noda, karena bisa membuat areanya terlalu basah

3. Lap nodanya secara perlahan searah alur serat bahan kulitnya. Hindari melawan atau menabrak serat alur bahan kulit.

4. Setelah noda hilang, biarkan tas atau dompet kamu mengering dnegan sendirinya. Selain itu, hindari dari paparan sinar matahari langsung. Intinya sekali lagi, biarkan saja tas kulit kering secara alami.

5. Setelah kering, kamu bisa mempoles tas atau dompet kamu dengan pelembab yang memang merupakan pelembab khusus untuk bahan kulit.

Cara Membersihkan Tas Kulit Dari Noda Tinta

1. Air

Jika tinta yang menodai tas bersifat non permanen, biasanya tinta tersebut berbahan dasar air. Contoh: Pena tulis dan spidol anak-anak. Nah, tinta yang dibuat dari air bisa dengan mudah dihilangkan menggunakan air juga.
Pertama-tama siapkan kain handuk, serbet, atau kain lainnya yang berserat lembut. Kedua, basahi kain dengan air. Karena tasnya berbahan dasar kulit, gunakan air sesedikit mungkin agar tidak merusak tas.
Ketiga, tepuk-tepuk kain basah ke area tas yang terkena noda. JANGAN DIGOSOK! karena akan memperlebar area noda. Jangan pula menggunakan tisu karena dapat meninggalkan serpihan serat tisu pada tas.
2. Alkohol
Alkohol di sini maksudnya adalah rubbing alcohol alias alkohol gosok. Alkohol gosok merupakan cara menghilangkan noda tinta di tas yang bagus untuk tinta permanen. Biasanya, yang tintanya permanen adalah spidol yang bukan untuk papan tulis.
Tinta permanen biasanya dibuat dari bahan dasar minyak, makanya tidak bakalan langsung hilang kalau hanya dibersihkan dengan air saja.

Caranya, tuangkan sedikit alkohol pada kain bersih atau q-tip (korek kuping). Namun ada baiknya sebelum dilap di noda tas, di-tes di noda tempat lain terlebih dahulu. Karena siapa tahu tas tidak cocok jika terkena alkohol. Setelah menggunakan metode ini, jika tas yang dimiliki berasal dari kulit, langsung saja lapisi tas dengan conditioner.

3. Cuka Putih

Distilled vinegar atau cuka putih bisa dijadikan pengganti alkohol kalau Anda tidak ingin membersihkan tas nya dengan alkohol.
Caranya, gunakan kain atau korek kuping, lalu teteskan cuka putih secukupnya di atasnya. Lalu, tepuk-tepukkan kain atau korek kuping tersbeut di noda yang ada.
4. Hairspray
Siapa bilang kegunaan hairspray cuma untuk menjaga tatanan rambut saja? Nyatanya semprotan rambut juga bisa digunakan untuk menghapus noda tinta di tas kulit.
Hal ini dikarenakan hairspray mengandung alkohol, yang mana bahan ini mampu melunturkan tinta.
Namun ingat jangan terllau berlebihan penggunannya. Karena kalau berlebihan akan melunturkn warna atau bahkan merusak tas. Jadi, sebaiknya semprotkan terlebih dahulu hairspray pada kain sebagai tester-nya.
Kalau sudah yakin silahkan semprotkan lalu, kain pada area tas yang ternoda. Sama seperti penggunaan alkohol, jika tas kalian dari kulit, langsung aplikasikan leather conditioner setelah proses pembersihan selesai.
5. Garam dan Lemon
Buatlah campuran air perasan lemon dan garam. Celupkan kain/korek kuping pada larutan lemon dan garam, lalu lap pada noda. Jika sudah selesai, bilas area tersebut dengan air dan sabun supaya lemon dan garamnya menghilang sempurna.
6. Lotion
Hand & body lotion, hand cream, losion anti nyamuk, pokoknya lotion apapun juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta pada tas. Cukup oleskan losion ke area tas yang terkena tinta, gosok perlahan menggunakan jari, lalu angkat sisa losion dengan tisu.
7. Baking Soda
Taburkan bubuk baking soda di atas noda. Diamkan selama beberapa jam, kemudian bersihkan dengan kain. Kalian juga bisa menggunakan tepung kanji atau jagung (maizena) sebagai pengganti baking soda.
Nah, itulah tadi tips dan trik untuk membersihkan sekaligus merawat tas dari kotoran tinta yang menyebalkan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here