Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tidak Rusak dan Cepat Pudar

0

rambut diwarnai

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tidak Rusak

Rambut merupakan mahkota dari wanita yang bisa dibilang menjadi simbol kecantikan untuk setiap wanita. Namun apa jadinya jika rambut yang didambakan lurus dan bagus itu menjadi rusak akibat proses pewarnaan rambut yang terus menerus? Mewarnai rambut bisa dibilang akan membuat rambut menjadi lebih bersinar dan juga lebih berkilau, namun ada juga rambut yang karakteristiknya rentan untuk diwarnai sehingga dapat mudah rusak walau dengan proses yang benar sekalipun.

Pastinya tim Femaleonklik mengerti kalau salah satu penyebab rambut rusak itu adalah akibat mewarnai rambut dan seringnya gonta-ganti warna rambut. Selain itu permasalahan pewarnaan rambut juga membuat warna rambut cepat pudar akan dibahas dalam artikel yang satu ini. Nah, dari pada penasaran langsung saja yuk kita simak cara merawat rambut yang diwarnai agar tidak rusak dan cepat pudar.

Perawatan Rambut Sebelum Mewarnai Rambut

rambut diwarnai

Terdapat beberapa hal yang sebaiknya kalian perhatikan sebelum melakukan pewarnaan rambut sebelum melakukan tindakan mewarnai rambut. Tentunya hal ini tidak bisa kalian anggap remeh, sebab jika kalian salah langkah maka rambut kalian nantinya akan menjadi rusak dan juga sulit untuk disembuhkan seperti sediakala. Nah yuk langsung simak perawatan untuk rambut sebelum kalian mewarnai rambut kalian.

Hindari Keramas Sebelum Mewarnai Rambut

Rambut ternyata juga dapat memproduksi minyak alami yang bisa digunakan untuk membuat proses pewarnaan rambut menjadi lebih bagus. Ada baiknya kalian tidak mencuci rambut kalian saat sehari sebelum mewarnai rambut, karena minyak alami dari rambut tersebut dapat membantu dan membuat rambut kalian menjadi lebih bagus dan mengkilap.

Pilih Warna Rambut Sesuai Keinginan

Biasanya kebanyakan dari wanita kebingungan dalam memilih warna rambut yang mana untuk diaplikasikan ke rambut mereka. Biasanya warna rambut akan sedikit berubah dan tidak sama dengan warna dasar dari cat rambut tersebut. Ada baiknya kalian meminta saran dari stylist rambut atau orang terdekat mengenai cocok atau tidaknya warna rambut tersebut.

Melakukan Tes Alergi Pada Kulit Kepala

Bahan kimia memang biasa digunakan pada cat-cat rambut yang terkenal namun tentunya tidak berbahaya pada kulit kepala, namun ada beberapa kulit kepala yang sensitif sehingga tidak bisa menerima kandungan kimia yang ada dalam cat rambut tersebut. Sebaiknya kalian melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum melakukan pewarnaan rambut.

Perawatan Rambut yang Sudah Diwarnai Agar Tidak Pudar dan Rusak

rambut diwarnai

Proses setelah pewarnaan rambut tentunya menjaga agar rambut tidak rusak dan juga warna rambut tidak cepat pudar. Hal ini tidak bisa dihiraukan dari kalian yang gemar mewarnai rambut, pastinya kalian tidak mau kan kalau rambut kalian menjadi rusak dan juga warnanya pudar dalam beberapa minggu. Nah, langsung saja yuk simak tips dan trik berikut ini.

Perawatan Rambut Menggunakan Clarifying Shampoo

Mewarnai rambut terkadang membuat beberapa bagian rambut menjadi tidak sama atau tidak rata. Nah, salah satu penanggulangan masalah ini bisa dibilang cukup mudah, yakni dengan melakukan pencucian rambut dengan menggunakan Clarifying Shampoo yang fungsi untuk membuat rata warna rambut atau menghadirkan gradasi yang cantik setelah melakukan pewarnaan rambut.

Ikat Rambut Saat Berolahraga

Biasanya banyak yang mengeluhkan untuk tidak berolahraga setelah melakukan pewarnaan rambut, hal ini tentunya sangat tidak dianjurkan karena walau bagaimanapun juga olahraga harus tetap dilakukan agar menjaga badan agar tetap sehat dan fit. Kalian bisa menggunakan pelindung kepala dan juga topi saat melakukan olahraga yang ada di luar ruangan. Selain itu jika kalian melakukan olahraga renang, kalian bisa menggunakan topi renang agar rambut tidak tercampur bahan kimia dan kolam renang.

Gunakan Serum Rambut

Serum rambut biasanya digunakan saat melakukan perawatan rambut rusak, namun hal ini juga bisa dilakukan untuk membuat kulit kepala menjadi lebih sehat setelah melakukan pengecatan atau pewarnaan rambut. Selain itu warna rambut juga nantinya tidak akan cepat pudar ketika menggunakan serum rambut.

Kurangi Alat Penata Rambut Atau Catok

Biasanya rambut yang diwarnai akan memiliki karakter yang lebih rentan dan juga lemah dari pada sebelumnya. Tentunya rambut akan lebih sensitif terhadap panas dari alat-alat penata rambut yang biasan digunakan seperti catok dan juga hairdryer. Ada baiknya beberapa hari setelah mewarnai rambut kalian menghindari alat-alat penata rambut agar nantinya rambut menjadi lebih kuat dan sehat.

Menjaga Rambut dengan Minyak Zaitun

Memang terdengar sedikit aneh dalam menggunakan minyak zaitun untuk menjaga rambut setelah melakukan pewarnaan rambut, namun hal itu benar-benar bisa dilakukan. Cara melakukannya pun cukup mudah, yaitu usapkan satu hingga 2 sendok minyak zaitun ke kepala dan berikan pijatan ringan. Untuk hasil yang maksimal kalian bisa mendiamkan selama 20 menit sampai 30 menit lalu cuci rambut seperti biasa.

Merawat Rambut yang Diwarnai dengan Madu

Jika kalian mengalami rambut yang menjadi kering dan mudah rontok setelah melakukan pewarnaan rambut tentunya tidak perlu khawatir. Kalian bisa menggunakan madu untuk merawat kembali rambut kalian. Cara penggunaannya juga mudah, yatu ambil 2 sampai 3 tetes madu hutan dan campurkan mengguunakan shampoo atau kondisioner. Setelah itu kalian bisa mengusapkan secara merata ke seluruh rambut kalian. Diamkan beberapa menit lalu cuci rambut menggunakan air dingin sampai bersih.

Nah, itulah beragam cara dan tips untuk merawat rambut yang baru saja diwarnai agar tidak pudar dan juga rusak. Tentunya jika informasi ini bermanfaat untuk kalian semua bisa dibagikan kepada saudara, teman, atau orang yang membutuhkan. Pastinya masih ada banyak artikel yang berguna dan menarik seputar dunia wanita di Femaleonklik.com, stay tune ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here