Cara Mudah Mengobati Mata Juling dan Olahraga Mata Juling Secara Alami

Cara Mudah Mengobati Mata Juling dengan Cepat dan Tepat

Mata juling adalah kelainan pada mata yang terjadi akibat berbagai sebab. Orang yang menderita mata juling tidak jarang sering dikucilkan serta menjadi bahan olokan, karena kelainan pada matanya tersebut. Pada normalnya, otot mata yang terhubung ke otak seharusnya bekerja dengan tepat sehingga ketika mata bergerak akan ke arah yang sama. Namun pada penderita mata juling, otot mata yang terhubung ke otak tadi tidak bekerja dengan baik sehingga gerakan mata akan berbeda.

Kasus mata juling dengan sudut yang besar biasanya tidak menyebabkan gejala seperti sakit kepala atau penegangan otot, karena otak tidak akan berusaha untuk memperbaiki penglihatan. Namun, gejala tersebut akan terjadi pada kasus mata juling sudut kecil karena pasien akan terus berusaha untuk memfokuskan penglihatannya.

Gejala utama dari mata juling adalah penglihatan yang buruk yang disebabkan oleh mata yang tidak sejajar. Beberapa pasien hanya mengalami beberapa saat di mana penglihatan mereka memburuk akibat mata juling yang sering hilang timbul, namun pasien lainnya selalu memiliki penglihatan yang buruk. Gejala akibat mata juling kemungkinan akan memengaruhi kehidupan sehari-hari pasien, oleh karena itu sebaiknya penyakit ini diobati secepat mungkin.

Jangan anggap remeh masalah mata juling ini. Meskipun terlihat sepele, namun mata juling yang dibiarkan saja dapat mengakibatkan masalah yang cukup patal. Mata juling yang tidak segera diobati akan mengakibatkan otak menjadi tidak dapat menangkap hal-hal yang dilihat pada bagian mata yang lemah. Sehingga dengan begitu kondisi amblyopia atau mata malas yang tidak mampu fokus dapat diderita.

Faktor-faktor dan Juga Penyebab Mata Juling

  1. Faktor keturunan
  2. Gangguan otot dan saraf
  3. Trauma mata seperti pernah tertusuk benda tajam/tumpul
  4. Cedera yang dialami saat kelahiran
  5. Resiko dari kehamilan tidak sehat seperti merokok
  6. Infeksi virus dan bakteri misalnya: toksoplasma yang ditularkan lewat binatang peliharaan dan tumor otak.
  7. Ketidaknormalan jaringan otak dalam menangkap cahaya dan pesan dari luar tubuh serta mengalami gangguan kondisi pada mata bagian dalam yang berlangsung sejak kecil.
  8. Ketidaknormalan atau ketidakseimbangan fungsi saraf dan ketidaknormalan pembuluh darah serta otot mata yang mengacaukan sistem ketajaman penglihatan serta kemampuannya untuk melihat dengan posisi mata yang sejajar
  9. Penggunaan kacamata yang salah dan abnormal. Misalnya kelainan pada retina mata yang terlalu parah dan hyperopia yang terlampau tinggi.

Berbagai Macam Penyimpangan Pada Mata Juling

  1. Esotropia : Mata menjurus ke dalam
  2. Hyperrotropia : Mata menjurus ke atas
  3. Hypotropia : Mata menjurus ke bawah
  4. Exotropia : Mata menjurus ke luar

Beragam Cara Mudah Mengobati Mata Juling

  • Operasi otot mata. Cara pertama menyembuhkan mata juling dengan operasi otot mata. Dengan langkah operasi, otot pada mata bisa diubah panjang maupun posisinya supaya ketidaksejajaran yang terjadi dapat diminimalisir. Untuk itu, cara ini akan sangat membantu anda agar pengelihatan anda jauh lebih baik.
  • Biasakan melakukan latihan fokus pada benda jauh dan dekat. Dalam latihan ini, pastikan kedua mata anda tertuju dan fokus pada satu target. Setelah beberapa detik pada satu target tersebut lalu cepat-cepat beralih ke sisi lainnya. Melakukan latihan ini secara rutin dapat membantu perubahan yang cukup signifikan.
  • Melakukan olahraga mata. Olahraga mata adalah salah satu cara alternatif yang dapat dilakukan untuk mengobati mata juling. Namun, bukan berarti terapi ini dapat menggantikan posisi terapi medis yang sebaiknya di jalani oleh penderita. Caranya: Pensil diletakan pada satu titik sejajar dengan mata, kemudian penderita diminta untuk berusaha untuk melihat pensil tersebut dengan kedua mata mereka. Lalu, jauhkan dan dekatkan pensil ke arah mata. Lakukan hal ini selama 15 menit setiap harinya dengan 100 kali pengulangan. Lalu ada juga olahraga Brock string. Olahraga ini membutuhkan tali sepanjang 12-30 cm dan manik-manik dengan 3 warna yang berbeda yang akan dikaitkan ke tali. Setiap manik dipasang dengan jarak yang sama, kemudian tali yang sudah terpasang manik tersebut diposisikan di depan hidung. Lalu, penderita diminta untuk melihat dengan fokus warna manik yang ada di depannya.
  • Menggunakan lensa kontak atau kacamata khusus. Lensa kontak atau kacamata khusus bisa anda gunakan untuk menyembuhkan mata juling. Kacamata atau lensa kontak ini justru paling kerap dianggap sebagai satu-satunya pengobatan yang lebih sederhana dan paling dibutuhkan oleh kebanyakan pasien mata juling. Layaknya mata minus, plus maupun silinder, strabismus pun juga membutuhkan kacamata khusus.
  • Terapi visi. Dokter mata mungkin meresepkan program terstruktur kegiatan visual untuk memperbaiki koordinasi mata dan fokus mata. Terapi visi melatih mata dan otak untuk bekerja sama secara lebih efektif. Latihan mata ini dapat membantu masalah dengan gerakan mata, fokus mata dan penguatan mata dan memperkuat hubungan mata-otak.
  • Dengan cara tradisional. Menyembuhkan mata juling juga bisa dilakukan dengan cara tradisional. Cara tradisional yang dimaksud adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal dengan bahan dasar tanaman dan buah yang diracik menjadi semacam jamu-jamuan atau sejenis ramuan.
  • Asupan nutrisi. Mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dapat memaksimalkan penyembuhan kinerja mata. Beberapa zat yang penting untuk kesehatan mata seperti: Zinc yang banyak terkandung pada cokelat, bayam jamur, kacang-kacangan, bawang putih, biji-bijian, kuning telur, kepiting, daging, tiram, dan lain-lain. Lalu ada pula Riboflavin atau B2 yang terkandung pada susu, ikan laut, jamur, tomat, brokoli, telur, keju, dan aneka produk susu.

Apakah mata juling bisa kembali normal dan Bagaimana Caranya?

Beberapa langkah yang dilakukan untuk mengobati mata juling baik dengan cara terapi atau lainnya, ditempuh sesuai dengan kondisi serta kesesuaian dengan kebutuhan yang melatar belakangi kemunculan gangguan mata juling tersebut.

Sebenarnya, pada kasus yang ditemukan dalam kondisi dini, mata juling dapat menjadi normal kembali. Setelah melakukan perawatan medis, seperti operasi, pada sebagian besar kasus mata yang juling sudah bisa melihat lurus. Tetapi kemampuan penglihatannya mungkin masih sama seperti penderita belum melakukan tindakan medis. Kemampuan penglihatan bisa hilang jika pengobatan yang harusnya dilakukan tertunda. Oleh karena itu, tetaplah bijak dalam merawat organ penglihatan kita.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengobati dan juga mengatasi mata juling dengan mudah dan pastinya tidak perlu repot ke dokter. Apabila beragam cara di atas tidak bisa mengatasi mata juling maka ada baiknya kalian periksa lebih lanjut ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Masih ada berbagai macam info menarik lainnya lho di Femaleonklik.com!

Leave a Comment